Analisis Loyalitas Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Sinar Bintang Selatan Di Makassar (PM-35)
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam era
globalisasi dewasa ini ditandai oleh adanya kemajuan teknologi dan
selain itu banyak perusahaan pesaing yang bermunculan dengan menawarkan
jenis produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing. Oleh karena
itu perusahaan perlu lebih profesional dalam mengelola unit usaha.
Persaingan
yang ketat menyebabkan perusahaan sulit untuk meningkatkan jumlah
pelanggan. Di pasar yang sudah ada, terlalu banyak produk dengan
berbagai keunggulan serta nilai lebih yang ditawarkan oleh para pesaing,
sehingga sulit bagi perusahaan untuk merebut pangsa pasar pesaing. Di
sisi lain, untuk memasuki pasar baru memerlukan biaya cukup besar. Hal
ini menunjukkan bahwa biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan pelanggan
baru 6 kali lebih besar dari biaya untuk mempertahankan pelanggan.
(Hasan, 2008 : 78)
Pemasar pada umumnya menginginkan bahwa pelanggan yang diciptakannya dapat dipertahankan selamanya. Ini bukan tugas yang mudah mengingat perubahan-perubahan dapat terjadi setiap saat, baik perubahan pada diri pelanggan, seperti selera maupun aspek-aspek psikologis serta perubahan kondisi lingkungan yang mempengaruhi aspek-aspek psikologis, sosial dan kultural pelanggan.
Perubahan
lingkungan ekonomi yang berdampak pada proses keputusan beli pelanggan.
Daya beli konsumen yang menurun tajam telah mengondisikan konsumen pada
situasi yang lebih terbatas menyangkut pilihan produk yang
diinginkannya. Meskipun pemasar sudah memiliki segmen pelanggan yang
dianggap loyal, namun tekanan-tekanan persaingan yang gencar sengaja
diarahkan untuk mengubah loyalitas pelanggan.
Masalah
loyalitas pelanggan sangatlah penting untuk diperhatikan oleh perusahaan
dalam pemasaran. Demikian halnya dengan PT. Sinar Bintang Selatan yakni
sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pabrik biskuit merek Marie.
Salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam mempertahankan
pelanggan adalah memperhatikan loyalitas pelanggan.
Loyalitas
pelanggan adalah komitmen pelanggan bertahan secara mendalam untuk
berlangganan kembali atau melakukan pembelian ulang produk jasa terpilih
secara konsisten di masa yang akan datang, meskipun pengaruh situasi
dan usaha-usaha pemasaran mempunyai potensi untuk menyebabkan perubahan
perilaku. (Hurriyati, 2005 : 130)
Berdasarkan
uraian mengenai pentingnya loyalitas pelanggan maka hal ini diteliti
mengenai produk biskuit yang diproduksi oleh perusahaan PT. Sinar
Bintang Selatan di Makassar, mengingat bahwa semakin banyak jenis ragam
merek dan rasa biskuit, sehingga dituntut adanya loyalitas pelanggan
terhadap keputusan dalam pembelian produk biskuit merek Marie.
Berdasarkan
uraian latar belakang yang telah dikemukakan maka penulis memilih judul
skripsi ini sebagai berikut : Analisis Loyalitas Pelanggan Terhadap
Keputusan Pembelian Pada PT. Sinar Bintang Selatan di Makassar.
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
0 komentar:
Posting Komentar