Analisis Loyalitas Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Sinar Bintang Selatan Di Makassar (PM-35)
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam era 
globalisasi dewasa ini ditandai oleh adanya kemajuan teknologi dan 
selain itu banyak perusahaan pesaing yang bermunculan dengan menawarkan 
jenis produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing. Oleh karena 
itu perusahaan perlu lebih profesional dalam mengelola unit usaha.
Persaingan 
yang ketat menyebabkan perusahaan sulit untuk meningkatkan jumlah 
pelanggan. Di pasar yang sudah ada, terlalu banyak produk dengan 
berbagai keunggulan serta nilai lebih yang ditawarkan oleh para pesaing,
 sehingga sulit bagi perusahaan untuk merebut pangsa pasar pesaing. Di 
sisi lain, untuk memasuki pasar baru memerlukan biaya cukup besar. Hal 
ini menunjukkan bahwa biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan pelanggan 
baru 6 kali lebih besar dari biaya untuk mempertahankan pelanggan. 
(Hasan, 2008 : 78)
Pemasar pada umumnya menginginkan bahwa pelanggan yang diciptakannya dapat dipertahankan selamanya. Ini bukan tugas yang mudah mengingat perubahan-perubahan dapat terjadi setiap saat, baik perubahan pada diri pelanggan, seperti selera maupun aspek-aspek psikologis serta perubahan kondisi lingkungan yang mempengaruhi aspek-aspek psikologis, sosial dan kultural pelanggan.
Perubahan 
lingkungan ekonomi yang berdampak pada proses keputusan beli pelanggan. 
Daya beli konsumen yang menurun tajam telah mengondisikan konsumen pada 
situasi yang lebih terbatas menyangkut pilihan produk yang 
diinginkannya. Meskipun pemasar sudah memiliki segmen pelanggan yang 
dianggap loyal, namun tekanan-tekanan persaingan yang gencar sengaja 
diarahkan untuk mengubah loyalitas pelanggan.
Masalah 
loyalitas pelanggan sangatlah penting untuk diperhatikan oleh perusahaan
 dalam pemasaran. Demikian halnya dengan PT. Sinar Bintang Selatan yakni
 sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pabrik biskuit merek Marie. 
Salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam mempertahankan 
pelanggan adalah memperhatikan loyalitas pelanggan.  
Loyalitas 
pelanggan adalah komitmen pelanggan bertahan secara mendalam untuk 
berlangganan kembali atau melakukan pembelian ulang produk jasa terpilih
 secara konsisten di masa yang akan datang, meskipun pengaruh situasi 
dan usaha-usaha pemasaran mempunyai potensi untuk menyebabkan perubahan 
perilaku.          (Hurriyati, 2005 : 130)
Berdasarkan 
uraian mengenai pentingnya loyalitas pelanggan maka hal ini diteliti 
mengenai produk biskuit yang diproduksi oleh perusahaan PT. Sinar 
Bintang Selatan di Makassar, mengingat bahwa semakin banyak jenis ragam 
merek dan rasa biskuit, sehingga dituntut adanya loyalitas pelanggan 
terhadap keputusan dalam pembelian produk biskuit merek Marie. 
Berdasarkan 
uraian latar belakang yang telah dikemukakan maka penulis memilih judul 
skripsi ini sebagai berikut : Analisis Loyalitas Pelanggan Terhadap 
Keputusan Pembelian Pada PT. Sinar Bintang Selatan di Makassar.
  Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File  atau klik disini
0 komentar:
Posting Komentar