Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Peningkatan Pangsa Pasar Pada Pt. Hadji Kalla (Toyota) Cabang Urip Di Makassar (PM-36)
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dewasa ini, perusahaan
diperhadapkan pada kondisi persaingan yang semakin meningkat dalam
keterbukaan bisnis. Kondisi ini menuntut perusahaan harus lebih kreatif
inovatif dengan menawarkan sesuatu yang bernilai lebih, dibanding yang
dilakukan pesaing. Inilah yang dituntut oleh pasar yang menjadi fokus
atau sasaran untuk bersaing. Pada umumnya perusahaan berupaya untuk
memenuhi harapan konsumen, dengan membangun kepercayaan dalam suatu
hubungan jangka panjang antara perusahaan dan pelanggannya. Hubungan ini
harus dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu misalnya pelayanannya,
kualitas produknya, dan sebagainya. Dengan demikian persepsi-persepsi
yang negatif terhadap perusahan, akan berubah pada sesuatu yang
dirasakan oleh konsumen, yang secara langsung dapat mengubah persepsi
dimaksud pada suatu kepuasan dan dapat menciptakan komitmen untuk
menggunakan produk yang ditawarkan perusahaan pada pasar sasarannya.
|
Dalam kaiatannya dengan
uraian tersebut di atas maka salah satu langkah strategis yang dilakukan
oleh perusahaan adalah menyusun suatu rencana yang komprehensif dan
menyeluruh disertai dengan berbagai kebijaksanaan untuk dijadikan
sebagai pedoman dalam mengimplemen-tasikan rencana. Penyusunan rencana
komprehensif yang dimaksud atau corporate planning bertujuan agar
setiap pengambilan keputusan tidak didasarkan pada Interprestasi
tersendiri dari bagian atau departemennya, tetapi harus berdasarkan pada
rencana yang sifatnya menyeluruh.
Salah satu upaya yang
dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan pemasaran adalah dengan
strategi pemasaran. Dimana strategi pemsaran memiliki peran yang penting
untuk keberhasilan perusahaan. Oleh karena itulah strategi pemasaran
harus dapat memberikan gambaran yang jelas dan teratur tentang apa yang
dilakukan oleh perusahaan dan menggunakan setiap kesempatan atau peluang
pada beberapa sasaran pasar. Jenis strategi pemasaran yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu strategi bauran pemasaran. Dimana strategi
bauran pemasaran yaitu strategi yang dapat meliputi produk, harga,
promosi dan saluran distribusi.
PT. Hadji Kalla adalah
perusahaan yang bergerak dibidang dealer mobil Toyota seperti Toyota
Kijang Inova, Avanza, Yariz, Sehingga dalam perkembangan penjualan mobil
Toyota yang menunjukkan bahwa dari tahun ketahun mengalami penurunan
penjualan. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan penjualan mobil
Toyota yaitu sebagai berikut :
TABEL 1.1
VOLUME PENJUALAN MOBIL TOYOTA
TAHUN 2007 – 2011
Tahun
|
Volume Penjualan
(Unit)
|
Perkembangan Penjualan
(%)
|
2007
|
1.500
|
-
|
2008
|
1.550
|
3,33
|
2009
|
2.000
|
29,03
|
2010
|
2.010
|
0,50
|
2011
|
1.915
|
-4.72
|
Rata-rata Kenaikan (%)
|
7,04
|
Sumber : PT. Hadji Kalla (Toyota) Cabang Urip di Makassar
Tabel 1.1 yakni
perkembangan penjualan mobil Toyota dalam 5 tahun terakhir (tahun 2007 –
2011) yang menunjukkan bahwa dalam tahun 2007 – 2010 mengalami kenaikan
namun tahun 2011 penjualan mengalami penurunan. Faktor yang menyebabkan
turunnya penjualan karena ketatnya persaingan dimana banyaknya
perusahaan otomotif yang menawarkan berbagai jenis merek yang dijual
oleh perusahaan pesaing, hal ini diperlukan oleh perusahaan PT. Hadji
Kalla untuk melakukan evaluasi strategi pemasaran. Salah satu tujuan
dilakukan evaluasi adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi
pemasaran sudah dapat meningkatkan penjualan.
Berdasarkan uraian
tersebut diatas, penulis tertarik dalam memilih judul : ”Analisis
Penerapan Strategi Pemasaran dalam Peningkatan Pangsa Pasar Pada PT.
Hadji Kalla (Toyota) Cabang Urip di Makassar.
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
0 komentar:
Posting Komentar