Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Peningkatan Pangsa Pasar Pada Pt. Hadji Kalla (Toyota) Cabang Urip Di Makassar (PM-36)
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dewasa ini, perusahaan 
diperhadapkan pada kondisi persaingan yang semakin meningkat dalam 
keterbukaan bisnis. Kondisi ini menuntut perusahaan harus lebih kreatif 
inovatif dengan menawarkan sesuatu yang bernilai lebih, dibanding yang 
dilakukan pesaing. Inilah yang dituntut oleh pasar yang menjadi fokus 
atau sasaran untuk bersaing. Pada umumnya perusahaan berupaya untuk 
memenuhi harapan konsumen, dengan membangun kepercayaan dalam suatu 
hubungan jangka panjang antara perusahaan dan pelanggannya. Hubungan ini
 harus dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu misalnya pelayanannya, 
kualitas produknya, dan sebagainya. Dengan demikian persepsi-persepsi 
yang negatif terhadap perusahan, akan berubah pada sesuatu yang 
dirasakan oleh konsumen, yang secara langsung dapat mengubah persepsi 
dimaksud pada suatu kepuasan dan dapat menciptakan komitmen untuk 
menggunakan produk yang ditawarkan perusahaan pada pasar sasarannya.
|  | 
Dalam kaiatannya dengan 
uraian tersebut di atas maka salah satu langkah strategis yang dilakukan
 oleh perusahaan adalah menyusun suatu rencana yang komprehensif dan 
menyeluruh disertai dengan berbagai kebijaksanaan untuk dijadikan 
sebagai pedoman dalam mengimplemen-tasikan rencana. Penyusunan rencana 
komprehensif yang dimaksud atau corporate planning bertujuan agar
 setiap pengambilan keputusan tidak didasarkan pada Interprestasi 
tersendiri dari bagian atau departemennya, tetapi harus berdasarkan pada
 rencana yang sifatnya menyeluruh.
Salah satu upaya yang 
dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan pemasaran adalah dengan 
strategi pemasaran. Dimana strategi pemsaran memiliki peran yang penting
 untuk keberhasilan perusahaan. Oleh karena itulah strategi pemasaran 
harus dapat memberikan gambaran yang jelas dan teratur tentang apa yang 
dilakukan oleh perusahaan dan menggunakan setiap kesempatan atau peluang
 pada beberapa sasaran pasar. Jenis strategi pemasaran yang digunakan 
dalam penelitian ini yaitu strategi bauran pemasaran. Dimana strategi 
bauran pemasaran yaitu strategi yang dapat meliputi produk, harga, 
promosi dan saluran distribusi.
PT. Hadji Kalla adalah 
perusahaan yang bergerak dibidang dealer mobil Toyota seperti Toyota 
Kijang Inova, Avanza, Yariz, Sehingga dalam perkembangan penjualan mobil
 Toyota yang menunjukkan bahwa dari tahun ketahun mengalami penurunan 
penjualan. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan penjualan mobil 
Toyota yaitu sebagai berikut :
TABEL 1.1
VOLUME PENJUALAN MOBIL TOYOTA
TAHUN 2007 – 2011
| 
Tahun | 
Volume Penjualan 
(Unit) | 
Perkembangan Penjualan 
(%) | 
| 
2007 | 
1.500 | 
- | 
| 
2008 | 
1.550 | 
3,33 | 
| 
2009 | 
2.000 | 
29,03 | 
| 
2010 | 
2.010 | 
0,50 | 
| 
2011 | 
1.915 | 
-4.72 | 
| 
Rata-rata Kenaikan (%) | 
7,04 | |
Sumber : PT. Hadji Kalla (Toyota) Cabang Urip di Makassar
Tabel 1.1 yakni 
perkembangan penjualan mobil Toyota dalam 5 tahun terakhir (tahun 2007 –
 2011) yang menunjukkan bahwa dalam tahun 2007 – 2010 mengalami kenaikan
 namun tahun 2011 penjualan mengalami penurunan. Faktor yang menyebabkan
 turunnya penjualan karena ketatnya persaingan dimana banyaknya 
perusahaan otomotif yang menawarkan berbagai jenis merek yang dijual 
oleh perusahaan pesaing, hal ini diperlukan oleh perusahaan PT. Hadji 
Kalla untuk melakukan evaluasi strategi pemasaran. Salah satu tujuan 
dilakukan evaluasi adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi 
pemasaran sudah dapat meningkatkan penjualan.
Berdasarkan uraian 
tersebut diatas, penulis tertarik dalam memilih judul : ”Analisis 
Penerapan Strategi Pemasaran dalam Peningkatan Pangsa Pasar Pada PT. 
Hadji Kalla (Toyota) Cabang Urip di Makassar.
  Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File  atau klik disini
0 komentar:
Posting Komentar