Pengaruh Implementasi Relationship Marketing Terhadap Customer Loyalty Pada Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Mattoangin Makassar (PM-39)
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Penelitian
Perubahan dalam dunia usaha yang semakin
 cepat mengharuskan perusahaan untuk merespon perubahan yang terjadi, 
problem sentral yang dihadapi perusahaan-perusahaan saat ini adalah 
bagaimana perusahaan tersebut menarik pelanggan dan mempertahankanya 
agar perusahaan tersebut dapat bertahan dan berkembang, tujuan tersebut 
akan tercapai jika perusahaan melakukan proses pemasaran.
Pemasaran merupakan salah satu kegiatan 
pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan 
hidupnya, tetapi dalam pemasaran modern seperti ini paragdima pemasaran 
telah bergeser, tidak hanya menciptakan transakasi untuk mencapai 
keberhasilan pemasaran tetapi perusahaan juga harus menjalin hubungan 
dengan pelanggan dalam waktu yang panjang. Paragdima tersebut disebut relationship marketing
 dasar pemikiran dalam praktek pemasaran ini adalah, membina hubungan 
yang lebih dekat dengan menciptakan komunikasi dua arah dengan mengelola
 suatu hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan 
perusahaan (Chan S, 2003).
Relationship marketing mampu 
memperdayakan kekuatan keinginan pelanggan dengan tekanan teknologi 
informasi untuk memberikan kepuasan pada pelanggan. Cakupannya meliputi 
tuntutan manajemen mutu terpadu secara global untuk menghadapi kebutuhan
 bisnis pelanggan dengan lebih agresif. Strategi bisnis difokuskan pada 
kelanggengan dan pemuasan pelanggan serta bekerja untuk mengantisipasi 
kebutuhan serta penyesuaian hasil produk. 
Salah satu indikator yang cukup handal 
untuk kelangsungan hidup dan keuntungan dari suatu proses bisnis adalah 
kelanjutan dari kepuasan pelanggan. Diperkirakan untuk menarik satu 
pelanggan baru diperlukan biaya mulai dari lima sampai lima belas kali, 
dibandingkan dengan menjaga hubungan dengan satu pelanggan lama. 
Pada dasarnya relationship marketing adalah hubungan dan ikatan jangka panjang antara produsen, konsumen dan pemasok serta pelaku lainnya. Esensi relationship marketing
 paling tidak menyangkut hubungan yang langgeng dan pertukaran yang 
terus menerus dan dituntut untuk saling kepercayaan dan ketergantungan. 
Sehingga dalam konsep relationship marketing, pemasar sangat 
menekankan pentingnya hubungan baik jangka panjang dengan konsumen dan 
infrastruktur pemasaran, yang dapat menciptakan kesadaran dalam bentuk 
hubungan dan komitmen yang menyeluruh. 
Relationship marketing diartikan sebagai menarik, memelihara dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan (Berry, 1995 dalam Wibowo S, 2006). Relationship marketing
 lebih merupakan pendekatan bersifat jangka panjang, dimana hal ini 
berbeda dengan pendekatan pemasaran transaksional yang lebih 
berorientasi jangka pendek. Tujuan dari pemasaran transaksional adalah 
untuk mendapatkan pelanggan semata, sedangkan tujuan dari relationship marketing adalah untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan.
Relationship marketing biasanya 
lebih sering digunakan dalam perusahaan jasa, sedangkan pemasaran 
transaksional lebih aplikatif dan sesuai untuk pemasaran bagi perusahaan
 yang menghasilkan produk manufaktur (Gronroos, 1995 dalam Wibowo S, 
2006). Penelitian ini memfokuskan pada implementasi proses relationship marketing
 pada perusahaan perbankan, karena perbankan merupakan salah satu 
penyedia jasa yang menerapkan adanya keramahtamahan dalam hubungan 
dengan konsumen.
Alasan yang mendasari topik penelitian 
ini adalah bahwa setiap perusahaan jasa dalam mempertahankan konsumenya,
 perusahaan harus mampu menjalin hubungan yang baik. Relationship marketing
 merupakan strategi yang dapat diimplementasikan untuk menunjang 
tercapainya tujuan tersebut. Dan penelitian yang berkaitan dengan relationship marketing pada perusahaan perbankan belum banyak dilakukan. Penelitian ini memfokuskan pada implementasi proses relationship marketing pada suatu perusahaan jasa yaitu PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang Utama Mattoangin.
PT. Bank Negara Indonesia (Persero), 
Tbk. adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa 
dimana pelanggannya memiliki kebutuhan jangka panjang , dengan kondisi tersebut PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. ini menyadari pentingnya konsep relationship marketing. Hal tersebut diwujudkanya dengan menerapkan relationship marketing
 pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk.. Konsep ini mengharapkan
 adanya inovasi dan peningkatan fasilitas agar dapat menciptakan 
loyalitas konsumen terhadap PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. 
sehingga tercipta hubungan jangka panjang yang harmonis antara 
perusahaan dan konsumen.
PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk.  merupakan salah satu perusahaan yang bekerja dalam bidang profit
 atau sifatnya mencari keuntungan. PT. Bank Negara Indonesia (Persero), 
Tbk.  adalah perbankan yang mempunyai cabang maupun unit di hampir 
seluruh pelosok Indonesia. Relationship Marketing di PT. Bank 
Negara Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang Utama Mattoangin menarik 
diteliti karena bank ini adalah cabang yang mempunyai unit, dimana bank 
ini memfokuskan pada keuntungan atau menjaga agar nasabah tetap 
dipuaskan dengan pelayanan dari PT. Bank Negara Indonesia (Persero), 
Tbk.. Dalam proses pemasaran di PT. Bank Negara Indonesia (Persero), 
Tbk., benar-benar melibatkan nasabah.   
Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis bermaksud mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Implementasi Relationship Marketing Terhadap Customer Loyalty pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang Utama Mattoangin Makassar”.
  Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File  atau klik disini
0 komentar:
Posting Komentar