Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Semen Tonasa Kabupaten Pangkep
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pemasaran merupakan salah satu kegiatan
yang sangat penting dalam dunia usaha. Pada kondisi usaha seperti
sekarang ini, pemasaran merupakan pendorong untuk meningkatkan penjualan
sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Pengetahuan mengenai
pemasaran menjadi penting bagi perusahaan pada saat dihadapkan pada
beberapa permasalahan, seperti menurunnya pendapatan perusahaan yang
disebabkan oleh menurunnya daya beli konsumen terhadap suatu produk
sehingga mengakabatkan melambatnya pertumbuhan perusahaan.
Sehubungan dengan permasalahan di atas,
terkait dengan pemasaran, diperlukan suatu kemampuan untuk berpandangan
ke depan dalam mengarahkan dan mengambil tindakan pemasaran untuk
mencapai tujuan perusahaan. Itu adalah hal yang sulit dicapai oleh
perusahaan, oleh sebab itu dalam hal ini dibutuhkan kesadaran dan
inisiatif yang tinggi dalam mempelajari serta menguasai hal-hal yang
berkaitan dengan pentingnya kegiatan pemasaran.
Oleh karena itu dalam melaksanakan aktivitas pemasaran, setiap perusahaan berupaya untuk menetapkan strategi pemasaran dan target market-nya. Strategi pemasaran tersebut adalah Strategi tentang Marketing Mix yang dimulai sejak memproduksi suatu produk sampai produk tersebut diterima oleh pelanggan. Semua aktivitas yang dilakukan di bidang pemasaran ditujukan untuk menentukan produk, pasar, harga, promosi dan distribusi.
Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya dalam pasar sasarannya. Dimana dari keempat variabel tersebut, seperti : produk, harga, distribusi dan promosi saling berhubungan di mana masing-masing elemen di dalamnya saling mempengaruhi. Kegiatan-kegiatan ini perlu dikontribusikan secara efektif dan efisien sehingga perusahaan tidak hanya memilih kombinasi yang baik saja, tetapi juga harus mengoordinasikan berbagai macam elemen dari bauran pemasaran tersebut untuk melaksanakan program pemasaran.
Berkaitan dengan uraian tersebut di atas maka penulis menentukan obyek penelitian pada perusahaan PT. Semen Tonasa, dimana untuk mengantisipasi persaingan yang semakin ketat dengan perusahaan semen lainnya serta untuk lebih meningkatkan volume penjualan, maka perusahaan perlu menggunakan program pemasaran atau strategi yang ampuh untuk meningkatkan penjualan semen. Salah satu strategi yang diterapkan oleh perusahaan dalam meningkatkan penjualan semen adalah dengan menerapkan strategi bauran pemasaran. Bauran pemasaran adalah pedoman yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan, dimana didalamnya terdiri dari : strategi produk yang dihasilkan, strategi harga yang bersaing, strategi promosi yang dilakkukan serta strategi saluran distribusi yang digunakan. Keempat variabel dari strategi pemasaran berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan perusahaan.
Berdasarkan latar belakang masalah yang dikemukakan di atas, penulis memilih judul skripsi ini sebagai berikut : “ Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Semen Tonasa Kabupaten Pangkep “.
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Oleh karena itu dalam melaksanakan aktivitas pemasaran, setiap perusahaan berupaya untuk menetapkan strategi pemasaran dan target market-nya. Strategi pemasaran tersebut adalah Strategi tentang Marketing Mix yang dimulai sejak memproduksi suatu produk sampai produk tersebut diterima oleh pelanggan. Semua aktivitas yang dilakukan di bidang pemasaran ditujukan untuk menentukan produk, pasar, harga, promosi dan distribusi.
Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya dalam pasar sasarannya. Dimana dari keempat variabel tersebut, seperti : produk, harga, distribusi dan promosi saling berhubungan di mana masing-masing elemen di dalamnya saling mempengaruhi. Kegiatan-kegiatan ini perlu dikontribusikan secara efektif dan efisien sehingga perusahaan tidak hanya memilih kombinasi yang baik saja, tetapi juga harus mengoordinasikan berbagai macam elemen dari bauran pemasaran tersebut untuk melaksanakan program pemasaran.
Berkaitan dengan uraian tersebut di atas maka penulis menentukan obyek penelitian pada perusahaan PT. Semen Tonasa, dimana untuk mengantisipasi persaingan yang semakin ketat dengan perusahaan semen lainnya serta untuk lebih meningkatkan volume penjualan, maka perusahaan perlu menggunakan program pemasaran atau strategi yang ampuh untuk meningkatkan penjualan semen. Salah satu strategi yang diterapkan oleh perusahaan dalam meningkatkan penjualan semen adalah dengan menerapkan strategi bauran pemasaran. Bauran pemasaran adalah pedoman yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan, dimana didalamnya terdiri dari : strategi produk yang dihasilkan, strategi harga yang bersaing, strategi promosi yang dilakkukan serta strategi saluran distribusi yang digunakan. Keempat variabel dari strategi pemasaran berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan perusahaan.
Berdasarkan latar belakang masalah yang dikemukakan di atas, penulis memilih judul skripsi ini sebagai berikut : “ Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Semen Tonasa Kabupaten Pangkep “.
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
0 komentar:
Posting Komentar